Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN E-MODUL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI SMA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-Modul terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan kelas XI SMA. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, terhadap tiga kelas yang memiliki nilai ulangan harian yang sama yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen 1 (n = 32, kelas PBL + e-modul), XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 (n = 31, kelas PBL) dan XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol (n = 32, kelas tradisonal/konvensional). Instrumen hasil belajar adalah tes pilihan ganda sebanyak dua puluh soal dengan lima alternatif jawaban. Instrumen motivasi belajar adalah angket berskala Likert sebanyak 25 pernyataan. Kedua instrumen telah dilakukan validasi oleh ahli dan teruji reliabilitasnya (r=0,77). Uji hipotesis menggunakan uji Analysis of Covariance (ANCOVA) pada program SPSS versi 26.0. dan analisis proses belajar menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan kelas PBL berbantuan E-Modul berpengaruh nyata terhadap motivasi dan hasil belajar pada materi sistem pencernaan kelas XI SMA. Proses pembelajaran pada kelas PBL berbantuan e-modul (N-Gain = 0,75, tinggi), kelas PBL (N-Gain = 0,60, sedang) dan kelas tradisonal (N-Gain = 0,45, sedang). Uji hipotesis berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (sig. 0,000) dan effect size (0,514) kategori besar. N-Gain motivasi belajar kelas PBL berbantuan e-modul (N-Gain = 0,66, sedang), kelas PBL (N-Gain = 0,50, sedang) dan kelas tradisional (N-Gain = 0,28, rendah). Uji hipotesis berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar (sig. 0,000) dan effect size (0,701) kategori besar. Kata – Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), E-Modul, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307003725 | T122133 | T1221332023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available