Skripsi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PERILAKU HEMAT ENERGI PADA BIMBINGAN BELAJAR ROBBANI KABUPATEN OGAN ILIR
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran video animasi perilaku hemat energi pada Bimbingan Belajar Robbani di Kabupaten Ogan Ilir. Model yang disarankan oleh Thiagarajan dalam hal mendefinisikan, mendesain, mengembangkan dan menyebarluaskan (model 4-D) digunakan sebagai model dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa validasi dari ahli bahasa memperoleh skor persentase 88,8% dengan kategori sangat layak, ahli media memperoleh skor persentase 90% dengan kategori sangat layak, dan ahli materi memperoleh skor persentase 97% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba one-to-one menunjukkan skor persentase keseluruhan sebesar 79% dengan kategori sangat praktis dan hasil uji coba small group menunjukkan skor persentase keseluruhan sebesar 89% dengan kategori sangat praktis. Oleh karena itu, produk video animasi perilaku hemat energi dianggap layak dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA bagi peserta didik untuk mempelajari perilaku hemat energi. Kata Kunci: Media pembelajaran, video animasi, perilaku hemat energi
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307004850 | T126225 | T1262252023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available