Skripsi
PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA TEMA 3 SUBTEMA 1 DI SD NEGERI 11 INDRALAYA
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media flash card untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada tema 3 subtema 1. Penelitian dilakukan di SD Negeri 11 Indralaya dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 28 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh rata-rata nilai hasil tes pengetahuan adalah 74,64 dengan persentase ketuntasan 71,42% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai sebesar 84,29 dan persentase ketuntasan 96,43%. Kemudian, hasil observasi sikap menunjukkan bahwa 17 peserta didik memiliki sikap dengan kategori sangat baik, 9 peserta didik dengan kategori baik dan 2 peserta didik dengan kategori cukup pada siklus I. Selanjutnya pada siklus II, 22 peserta didik memiliki sikap dengan kategori sangat baik dan 6 peserta didik dengan kategori baik. Persentase ketuntasan aspek sikap pada siklus I dan Siklus II adalah 100%. Rata-rata nilai aspek keterampilan pada siklus I sebesar 74,12 dengan persentase ketuntasan 64,29% lalu meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai 85,36 dengan persentase ketuntasan 89,29%. Dengan demikian, media flash card dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Hasil Belajar, Flash Card, Media Pembelajaran
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307000234 | T88898 | T888982023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available