Skripsi
PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DALAM MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SIRKULASI KELAS XI SMA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lembar kerja peserta didik dalam Model Learning Cycle 7E terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas XI SMA pada materi sistem sirkulasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Lahat. Penelitian menggunakan Quasi Eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design dengan teknik sampling menggunakan teknik Purposive Sampling terhadap tiga kelas yang setara. Ketiga kelas sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 1 (n=37, kelas LC7E + LKPD LC7E), XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen 2 (n=36, kelas LC7E + LKPD konvensional), dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol (n=37, kelas tradisional). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes tertulis (pretest & posttest) berupa soal pilihan ganda berbasis HOTs sebanyak 10 soal, lembar angket berskala likert sebanyak 15 item, dan lembar observasi. Instrumen penelitian telah dilakukan validasi oleh ahli dan teruji reabilitasnya (r = 0,705). Data dianalisis dengan uji ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dengan nilai tertinggi pada kelas eksperimen 1 yaitu nilai gain 39,18 dan n-gain 0,75 dengan kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05 dan Effect Size sebesar 0,592 dengan kategori besar. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan lembar kerja peserta didik dalam Model Learning Cycle 7E berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Lahat tahun ajaran 2022/2023 pada materi sistem sirkulasi.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307003724 | T122131 | T1221312023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available