Skripsi
PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM ENDOKRIN KELAS XI
Kesalahan peserta didik dalam menafsirkan dan memahami suatu konsep dapat menyebabkan miskonsepsi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen yang dapat mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi sistem endokrin SMA dan mengetahui profil miskonsepsi peserta didik SMA di Kota Palembang. Metode pada penelitian ini adalah metode pengembangan Treagust yang meliputi mendefinisikan konten materi, mencari informasi miskonsepsi peserta didik, dan mengembangkan instrumen three tier diagnostic test dari hasil informasi miskonsepsi peserta didik. Materi yang dikembangkan mengacu pada buku biologi Campbell jilid 3 tahun 2007. Instrumen three tier diagnostic test dibuat dalam bentuk pilihan ganda beralasan yang dilengkapi dengan derajat keyakinan. Hasil instrumen divalidasi oleh lima orang validator secara CVR dan didapatkan nilai 1 yang artinya instrumen three tier diagnostic test dapat dikatakan valid dan relevan untuk mendeteksi miskonsepsi. Kemudian instrumen di uji reliabilitas dengan menggunakan rumus KR – 20 didapatkan nilai sebesar 0,68 dan 0,71 yang artinya instrumen three tier diagnostic test dapat dikatakan realibel. Hasil uji coba didapatkan miskonsepsi tiap – tiap submateri sebagai berikut : ciri khas sistem endokrin 43,93%, tipe molekul persinyalan hasil sekresi 40,45%, jalur hormon sederhana 37,87%, penyakit / kelainan sistem endokrin 42,04%, kelenjar sistem endokrin 32,10% dan hormon sistem endokrin 35,47%. Kata – kata kunci : Miskonsepsi, pengembangan instrumen, tes diagnostik dan three tier
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307004685 | T124942 | T1249422023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available