The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM ENDOKRIN KELAS XI

Skripsi

PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM ENDOKRIN KELAS XI

Ericka, Dewi Intan - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Kesalahan peserta didik dalam menafsirkan dan memahami suatu konsep dapat menyebabkan miskonsepsi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen yang dapat mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi sistem endokrin SMA dan mengetahui profil miskonsepsi peserta didik SMA di Kota Palembang. Metode pada penelitian ini adalah metode pengembangan Treagust yang meliputi mendefinisikan konten materi, mencari informasi miskonsepsi peserta didik, dan mengembangkan instrumen three tier diagnostic test dari hasil informasi miskonsepsi peserta didik. Materi yang dikembangkan mengacu pada buku biologi Campbell jilid 3 tahun 2007. Instrumen three tier diagnostic test dibuat dalam bentuk pilihan ganda beralasan yang dilengkapi dengan derajat keyakinan. Hasil instrumen divalidasi oleh lima orang validator secara CVR dan didapatkan nilai 1 yang artinya instrumen three tier diagnostic test dapat dikatakan valid dan relevan untuk mendeteksi miskonsepsi. Kemudian instrumen di uji reliabilitas dengan menggunakan rumus KR – 20 didapatkan nilai sebesar 0,68 dan 0,71 yang artinya instrumen three tier diagnostic test dapat dikatakan realibel. Hasil uji coba didapatkan miskonsepsi tiap – tiap submateri sebagai berikut : ciri khas sistem endokrin 43,93%, tipe molekul persinyalan hasil sekresi 40,45%, jalur hormon sederhana 37,87%, penyakit / kelainan sistem endokrin 42,04%, kelenjar sistem endokrin 32,10% dan hormon sistem endokrin 35,47%. Kata – kata kunci : Miskonsepsi, pengembangan instrumen, tes diagnostik dan three tier


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2307004685T124942T1249422023Central Library (Referens)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1249422023
Publisher
Indralaya : Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya., 2023
Collation
xiii, 157 hlm.; ilus.; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.307
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Prodi Pendidikan Biologi
Metode Pembelajaran-Instrumen Three
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
KHARISMA
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM ENDOKRIN KELAS XI
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search