Skripsi
KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN SECARA ONLINE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PALEMBANG
Kualitas pelayanan merupakan suatu upaya pemeritah dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat. Akta kelahiran adalah bukti sah yang otentik mengenai status anak yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang dipergunakan sebagai bukti sah terkait status dan peristiwa kelahiran seseorang dan termasuk hak setiap anak Indonesia. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan dalam pembuatan akta kelahiran secara online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palembang. Teori yang peneliti gunakan adalah teori kualitas pelayanan menurut Parasuraman, dkk yaitu bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Adapun metode penelitian yang peneliti gunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis yang dilakukan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pembuatan akta kelahiran secara online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palembang sudah cukup baik namun dalam indikator bukti fisik, kehandalan, dan daya tanggap dalam penyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat pelaksana pelayanan. Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Akta Kelahiran
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307003143 | T93092 | T930922023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available