Skripsi
PENGEMBANGAN MODUL PENGAMATAN MATAHARI PADA MATA KULIAH IPBA BERBASIS PjBL UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA
Telah berhasil dikembangkan modul pengamatan matahari pada mata kuliah IPBA berbasis PjBL untuk mahasiswa pendidikan fisika yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif tessmer yang meliputi empat tahapan yaitu tahap self evaluation, expert review, one to one evaluation, small group. Pada teknik pengumpulan data menggunakan walkhtrough dan angket. Tingkat kevalidan pada modul pengamatan ini di nilai oleh dua ahli yaitu satu ahli untuk aspek isi dan aspek kebahasaan, satu ahli untuk aspek desain. Hasil validasi modul pengamtan pada tahap expert review didapatkan data aspek isi sebesar 5,00 dengan kategori sangat valid, aspek kebahasaan didapatkan data sebesar 5,00 dengan kategori sangat valid, aspek desain sebesar 4,62 dengan kategori sangat valid. Sedangkan untuk tahap one to one evaluation di peroleh nilai rata – rata sebesar 4,91 dengan kategori sangat praktis untuk tahap small group evaluation mendapatkan penilaian rata – rata 4,96 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil data penelitian pengembangan modul pengamatan matahari pada mata kuliah IPBA berbasis PjBL termasuk kedalam kategori sangat valid dan sangat praktis dan dapat digunakan sebagai modul pengamatan matahari pada mata kuliah IPBA.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307000257 | T85908 | T859082023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available