Skripsi
ANALISIS PENALARAN SOCIO-SCIENTIFIC SISWA SMA PADA ISU ENERGI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran socio-scientific siswa SMA pada isu energi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan analisis data menggunakan model rasch. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 27 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan bahwa siswa SMA Islam Az-Zahrah Palembang termasuk kategori kemampuan penalaran sosio-saintifik tinggi dengan presentase sebesar 58,62%. Dari hasil person measure juga dapat diketahui bahwa siswa 19L dengan nilai 1,82 logit merupakan siswa dengan kemampuan tertinggi sedangkan siswa 09L dengan nilai -0,92 logit merupakan siswa dengan kemampuan terendah. Hasil penalaran sosio-saintifik siswa berdasarkan aspek Quantitative Assessment of Socioscientific Reasoning (QuASSR) diperoleh yaitu, capaian tertinggi pada aspek kompleksitas sebesar 79,4%, sedangkan aspek dengan capaian terendah yaitu aspek inquiry sebesar 55,6%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa sangat baik dalam menjawab soal dengan indikator menganalisis SSI secara kompleks dari perspektif secara sosial dan ilmiah, dibandingkan soal dengan indikator mengidentifikasi pertanyaan yang sangat spesifik untuk memeriksa pertanyaan secara sosial dan ilmiah dari suatu masalah. Kata kunci: penalaran sosio-saintifik, energi, isu sosio-saintifik, model rasch
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307005377 | T125270 | T1252702023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available