Skripsi
PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG OBESITAS PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Obesitas pada anak-anak merupakan permasalahan umum yang serius jika berlanjut hingga usia dewasa karena akan memicu terjadinya berbagai penyakit metabolik dan degeneratif. Pendidikan kesehatan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya obesitas pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media video animasi terhadap tingkat pengetahuan obesitas pada anak-anak di SDN 106 Palembang. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-experimental dengan one group pre and post test design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4,5, dan 6 yang belum mendapatkan informasi tentang obesitas di SDN 106 Palembang sebanyak 79 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan simple random sampling. Data yang diolah adalah tingkat pengetahuan siswa sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan menggunakan media video animasi. Dari 79 siswa sebanyak 10 orang mengalami peningkatan pengetahuan menjadi kategori cukup dan 69 orang lainnya menjadi kategori baik setelah diberikan intervensi. Hasil analisis pengetahuan siswa menggunakan uji Wilcoxon didapatkan p value = 0,000 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan kesehatan dengan media video animasi terhadap tingkat pengetahuan obesitas pada anak-anak di SDN 106 Palembang. Hasil penelitian menunjukan bahwa media video animasi dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentag obesitas. Media video animasi merupakan media yang dapat merangsang lebih banyak indra dibandingkan media lainnya yaitu indra penglihatan dan indra pendengaran. Media video animasi direkomendasikan sebagai salah satu media yang bisa digunakan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang obesitas. Kata kunci : Obesitas, Pengetahuan, Siswa Sekolah Dasar Daftar pustaka : (2003-2021)
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307006617 | T130931 | T1309312023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available