Skripsi
REKOMENDASI PROSES BISNIS SISTEM ADMINSTRASI MANUNGGAL SATU ATAP MENGGUNAKAN METODELOGI BUSINESS PROSESS IMPROVEMENT DI UPTB SAMSAT PALEMBANG I.
Samsat merupakan wadah bagi Kepolisian Negara RepubIik lndonesia yang membidangi lalu lintas, gugus pengerja PengeloIa Keuangan Daerah yang melaksanakan pemungutan Provinsi, dan Badan Usaha daIam menyelenggarakan Samsat. Dalam peIaksanaannya, kepala badan pendapatan daerah telah mengeluarkan keputusan NO. 07/KPTS/BAPENDA/2019 yang berupa standar operasional prosedur yang mengatur unit pelaksana teknis SAMSAT Palembang I. Standar operasional prosedur yang selanjutnya disebut dengan proses bisnis Samsat inilah yang meniadi fokus utama pada penelitian ini. Berdasarkan data yang peneliti ambil melalui Wawancara, Pada kenyataannya proses Samsat cukup memakan waktu sehingga mengakibatkan antri di setiap loket serta proses yang mengharuskan wajib pajak atau pemohon mengurus di berbeda tempat maupun institusi. Dari uraian fakta dan permasalahan yang peneliti jelaskan sebelumnya, maka memberi peneliti alasan dalam melakukan penelitian ini. Dalam memberikan rekomendasi proses bisnis, diperlukan metodologi untuk menunjang hali tersebut. Setelah melakukan kajian studi literatur pada penelitian sebelum dan jurnal - jurnal yang relevan, Peneliiti menggunakan metodologi Business Process Improvement (BPI). BPI terbukti mampu untuk membuat proses bisnis efisien dari segi waktu, yang pada proses nya melalui 5 fase yang terdapat pada metodologi ini, yakni mengorganisir perbaikan, pemahaman proses, penyederhanaan proses, pengukuran dan kontrol serta perbaikan berkelanjutan. Setelah melalui fase BPI, peneliti memberikan rekomendasi berupa notasi BPMN menggunakan tools Enterprise Architect dan peneliti melakukan simulasi pada proses bisnis (to be) lalu mendapatkan data berupa time analysis dan resource utilization. Kata kunci: SAMSAT, Proses bisnis, Business Process Improvement
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307000840 | T88423 | T884232022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available