Skripsi
HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL REMAJA
Perubahan dan perkembangan teknologi semakin hari semakin meningkat. Perkembangan teknologi ini tentunya menimbulkan berbagai macam dampak di lingkungan sehari-hari. Dengan bermain game online secara berlebihan maka anda akan mengalami kecanduan game online yang akan berdampak pada kehidupan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hubungan antara kecanduan game online dengan kehidupan sosial remaja siswa kelas VIII SMPN 14 Palembang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional dengan melibatkan 76 sampel dari 323 populasi dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala likert yang terdiri dari 29 item instrument game online dan 15 item kehidupan sosial remaja yang disebarkan secara langsung. Hasil analisis didapatkan hasil kecanduan game online peserta didik kelas VIII SMPN 14 Palembang berada pada pada kategori sedang dengan persentase 36% dan kehidupan sosial peserta didik kelas VIII SMPN 14 Palembang berada pada pada kategori tinggi dengan persentase 33%. Maka kesimpulannya adalah hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan uji pearson product moment didapatkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,234 pada taraf signifikan 0,05 maka diperoleh rhitung > rtabel (0,234 > 0,222) maka terdapat hubungan positif antara kedua variabel dengan tingkat hubungan rendah, yang artinya uji hipotesis H1 diterima dan HO ditolak. Karena terdapat hubungan antara dua variabel game online dan kehidupan sosial remaja secara positif yang artinya kedua variable tersebut bergerak dalam arah yang sama. Dan juga hasil dari uji hipotesis yang telah dilakukan juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara pecandu game online terhadap kehidupan sosial remaja yang ada di SMP Negri 14 Palembang. Dan terdapat saran dari hasil penelitian yaitu bagi pihak sekolah juga hendaknya memberikan peringatan yang lebih tegas lagi, Dan untuk peserta didik hendaknya membangun kehidupan sosial yang baik terhadap lingkungan dan membatasi dalam bermain game online. Kata Kunci : Game online, kehidupan sosial remaja
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307004152 | T106065 | T1060652023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available