Skripsi
ANALISIS NILAI KARAKTER SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL BLENDED LEARNING PADA MATERI SPLDV
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang menitikberatkan pada pendidikan karakter dan bertujuan untuk mengubah sikap siswa menjadi lebih santun melalui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung didalamnya. Salah satu mata pelajaran yang dapat diintegrasikan ke dalam pendidikan karakter adalah pelajaran matematika. Dalam pembelajaran matematika strategi yang digunakan saat ini dengan mempertimbangkan perkembangan zaman adalah penerapan model blended learning. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui nilai karakter siswa SMP dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model blended learning pada SPLDV. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan 3 tahapan penenlitian yaitu persiapan, pelaksanaan, dan analisis data. Data penelitian dikumpulkan melalui observas, wawancara dan tes evaluasi yang dianalisis secara deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 49 Palembang. Penelitian ini berfokus pada 3 nilai karakter yaitu teliti, mandiri, dan kerja keras. Hasil pernelitian berdasarkan analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai karakter yang dominan muncul pada saat pembelajaran matematika menggunakan model blended learning pada materi SPLDV adalah mandiri dan kerja keras. Sementara itu, teliti merupakan nilai karakter yang jarang muncul pada diri siswa.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307004432 | T86842 | T868422023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available