Skripsi
DESAIN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI POLA BILANGAN YANG MENGINTEGRASIKAN MEDIA DIGITAL DAN KONVENSIONAL UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangankan atau mendesain Aktivitas Pembelajaran Matematika Pada Materi Pola Bilangan yang Mengintegrasikan Media Digital dan Konvensional yang valid dan praktis untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematika. Prosedur pengembangan desain aktivitas pembelajaran pada penelitian ini menggunakan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik dari SMP Bukit Asam kelas VIII semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah walkthrough, angket, dan tes. Kevalidan aktivitas pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, LKPD, dan tes dilihat dari tiga aspek yaitu konten, konstruks, dan Bahasa. Validasi dilakukan pada tahap expert review dan tahap one to one. Kepraktisan dan efek potensial dilakukan pada tahap small group. Penelitian ini menghasilkan skor kevalidan sebesar 94,44 % untuk RPP pertemuan 1, 94,44 % untuk RPP pertemuan 2, 93, 51 % untuk LKPD pertemuan 1, 94, 44% untuk LKPD pertemuan 2, 97,61 % untuk soal tes. 81,14% untuk kepraktisan, dan efek potensial secara keseluruhan menghasilkan rata-rata skor literasi matematika sebesar 81,05%. Kata Kunci: Aktivitas Pembelajaran, Pola Bilangan, Media Digital, Media Konvensional, Literasi Matematika.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307003108 | T87150 | T871502022 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available