Skripsi
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI SPLDV DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Kemampuan komunikasi matematis tertulis merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki dan dikuasai oleh peserta didik, karena kemampuan komunikasi matematis tertulis dapat membantu peserta didik mengetahui konsep matematika dan menerjemahkan masalah yang masih abstrak kedalam bahasa matematika menggunakan simbol dan notasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis tertulis peserta didik kelas VIII pada materi SPLDV dengan model Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah 12 orang peserta didik kelas VIII.3 di SMP Negeri 59 Palembang. Pada penelitian ini dilakukan sebanyak 3 pertemuan yaitu, 2 pertemuan pembelajaran dengan model PBL dan 1 pertemuan tes tertulis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif berdasarkan kemunculan indikator kemampuan komunikasi matematis tertulis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis terdiri dari 2 butir soal dan wawancara semi terstruktur. Dari hasil tes tertulis yang diikuti oleh 12 orang peserta didik diperoleh nilai rata-rata sebesar 67,5 yang masih berkategori sedang. Indikator komunikasi matematis tertulis yang sering muncul adalah (Written text) sebanyak 83,33% yang berkategori tinggi, selanjutnya (Drawing) sebesar 58,33% yang berkategori sedang, dan (Mathematical expression) 56,25% yang berkategori sedang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307003823 | T87109 | T871092022 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available