Skripsi
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan komunikasi matematis tertulis peserta didik kelas VIII pada materi relasi dan fungsi dengan model problem based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang dipilih merupakan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 47 Palembang yang berjumlah 6 orang. Ada 3 kali pertemuan dalam penelitian ini, dua kali pertemuan pembelajaran menggunakan model problem based learning dan satu kali pertemuan untuk tes tertulis. Teknik pengumpulan data tes tertulis memiliki 2 soal dan wawancara semi terstruktur yang mengarah pada indikator kemampuan komunikasi matematis tertulis. Prosedur penelitian yang digunakan terdiri dari 3 tahap, yaitu: 1) tahap persiapan; 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap analisis data. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari analisis data tes tertulis, analisis data wawancara, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil tes tertulis yang telah dilakukan dari 24 peserta didik yang diteliti, diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 6 yang berada pada kategori sedang. Jumlah peserta didik yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tertulis kategori tinggi ada 4 dengan persentase 16,7%, kategori sedang ada 16 dengan persentase 66,6%, dan kategori rendah ada 4 peserta didik dengan persentase 16,7%. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis, Relasi dan Fungsi, Problem Based Learning
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307002231 | T105612 | T1056122023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available