Skripsi
KEMAMPUAN BERPIKIR KOMBINATORIAL MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PEMBUKTIAN KOEFISIEN BINOMIAL
Berpikir kombinatorial berperan penting dalam memecahkan masalah matematika. Namun, tidak semua siswa memiliki kemampuan ini yang menyebabkan kesulitan dalam menyelesaikan masalah kombinatorik, yaitu pembuktian koefisien binomial. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kombinatorial mahasiswa calon guru matematika dalam pembuktian koefisien binomial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang dipilih adalah Mahasiswa Calon Guru Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sriwijaya Tahun Ajaran 2021/2022 dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Prosedur penelitian yang digunakan terdiri dari 4 tahapan, yaitu : 1) Tahap Persiapan dan Perencanaan; 2) Tahap Pelaksanaan; 3) Tahap Analisis Data; 4) Tahap Akhir. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kombinatorial mahasiswa dalam pembuktian koefisien binomial tergolong cukup baik. Namun terdapat beberapa masalah yang terjadi dalam menyelesaikan masalah pembuktian koefisien binomial, yaitu : (1) Mahasiswa kurang memahami masalah yang diberikan; (2) Mahasiswa tidak dapat menentukan teorema yang tepat untuk menyelesaikan masalah; (3) Mahasiswa menggunakan contoh tertentu pada saat akan membuktikan soal pembuktian koefisien binomial; (4) Mahasiswa kurang memahami apa yang dimaksud dari soal; (5) Mahasiswa tidak menuliskan proses perhitungan karena keterbatasan waktu pengerjaan; (6) Mahasiswa kurang yakin dengan hasil kerjanya karena keterbatasan waktu pengerjaan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307005346 | T121311 | T1213112023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available