Skripsi
EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA ROLE PLAYING GAME (RPG) DENGAN MENGGUNAKAN METODE GAME EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (GEQ) (Studi Kasus : Game Genshin Impact).
Game Genshin Impact yang resmi liris pada September 2020 kemarin. Game garapan Mihoyo ini bergenre Role Playing Game yang juga dikombinasikan dengan Action dan Open world. Dengan alur cerita yang menarik, pada awal perilisannya game ini berhasil meraih penghargaan Best Innovative Game, Users, dan best game of 2020. Sekarang ini industry game sedang berlomba lomba dalam meningkatkan user experience dari game yang mereka buat agar dapat menarik perhatian dari masyarakat dan mempertahankan player lama. Oleh karena itu user experience pada sebuah game menjadi salah satu faktor yang penting untuk mendukung kesukesesan dalam sebuah game. Peneliti menggunakan metode Game Experience Questionnaire untuk mengukur bagaimana user experience yang dirasakan oleh pemain game Genshin Impact. metode ini memiliki 3 module yaitu The Core Module pada elemen Competence ( 4.044 ), Immersion ( 4.04 ), Flow ( 3.8507 ), Tension ( 3.7133 ), Challenge (3.9987), Negative Affect (3.9983), Positive Affect (4.0387) pada elemen flow menunjukkan kurangnya perasaan tenggelam dalam game Genshin Impact yang dirasakan oleh pemain. Module kedua adalah The Social Presence pada elemen emphaty (4.095), Negative feelings (3.892) dan behavioural Involvement (3.6133). dan module terakhir adalah the Post Game Module pada aspek Positive experience (4.0478), Negative Experience (3.7644), Tiredness (4.1267), dan returning to Reality (3.8333) aspek ini mendapatkan bahwasanya pemain merasakan kelelahan setelah bermain game Genshin Impact. Kata kunci : GEQ, Game Experience Questionnaire, Pengalaman Pengguna, Genshin Impact
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307006003 | T129571 | T1295712023 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available