Skripsi
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PENGADILAN TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI).
Pengadilan Tinggi Palembang yang merupakan instansi pemerintah dituntut untuk memenuhi harapan masyarakat dalam melakukan pelayanan. Sejak akhir Tahun 2022, Pengadilan Tinggi mengalami penurunan pengunjung yang cukup signifikan..Berdasarkan hasil observasi, masih ditemukan bahwa beberapa pengunjung mengeluhkan bahwa pelayanan yang diberikan kurang memuaskan. Contohnya jam kerja yang seharusnya digunakan untuk bekerja. Maka untuk meningkatkan kualitas pelayanan menggunakan dua metode yaitu Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Kualitas pelayanan memiliki hubungan erat dengan kepuasan pelanggan, karena kualitas pelayanan dapat mendorong pelanggan untuk menjalin hubungan yang kuat dengan perusahaan. Dalam mengukur kepuasan pelanggan, digunakan variabel kualitas layanan, seperti Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy . Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), Atribut yang menempati kuadran 1 adalah kuadran yang paling penting dan harus diutamakan dalam hal peningkatan. Atribut pada Kuadran 1 adalah atribut nomor 11 yaitu Cepat Respon Masyarakat dan atribut nomor 17 yaitu Pelayanan Tidak Membedakan Status. Berdasarkan perhitungan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI), nilai kepuasan pengunjung terhadap kualitas pelayanan Pengadilan Tinggi adalah 88,31%. Sesuai dengan kriteria CSI, Apabila nilai CSI lebih dari 81%, maka artinya pengunjung Sangat Puas terhadap kualitas pelayanan Pengadilan Tinggi. Dari hasil studi terhadap 101 responden, didapatkan nilai kepuasan yaitu 88,31%. Apabila dikaitkan dengan metode IPA, nilai CSI tidak mencapai 100% dikarenakan ada beberapa aspek yang belum dimaksimalkan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307003444 | T105871 | T1058712023 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available