Skripsi
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP TRI DHARMA PALEMBANG
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMP Tri Dharma Palembang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 61 orang orang yang terdiri dari dua kelas yaitu IX. A dan IX. C yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teknik dokumentasi, teknik wawancara, dan teknik observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penjabaran dan penjelasan data yang sudah di dapatkan sebelumnya tentang Problem Based Learning (PBL) yang digunakan didalam kelas sampel, dapat dilihat bahwa pembelajaran ini memiliki pengaruh yang cukup potensial untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang dibuktikan dari data sampel yang memiliki rata – rata sebesar 475 dengan persentase sebesar (72,5%). Rata – rata tersebut termasuk dalam kategori peringkat tinggi yang interpretasinya berada pada ≥62,5%. Kata kunci : Media pembelajaran, problem based learning, motivasi belajar
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307003795 | T126412 | T1264122023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available