Skripsi
MODEL ANTRIAN BUS DI TEMPAT STOP (BUS STOP) JALAN JENDERAL SUDIRMAN KOTA PALEMBANG
Penelitian ini menggambarkan dampak dari aktifitas samping dari suatu ruas jalan. Dampak langsung yang dapat diamati dan diteliti adalah banyaknya kendaraan dalam antrian bus di tempat stop (bus s/op) dijalan Jenderal sudirman kota Palembang. Antrian kendaraan yang dapat terjadi, dikarenakan proses pergerakan arus lalu lintas terganggu oleh adanya suatu kegiatan pelayanan yang harus dilayani yaitu berupa naik dan atau turunnya penumpang dari bus. Adapun permasalahan yang diangkat adalah parameter apa saja yang mempengaruhi dalam model antrian bus di tempat stop (bus stop) di Jalan Jenderal Sudirman kota Palembang. Bagaimana model antrian bus di tempat stop (bus stop) di jalan Jenderal Sudirman kota Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui parameter yang berpengaruh dalam model antrian bus di tempat stop (bus stop) jalan Jenderal Sudirman kota Palembang. Mendapatkan model antrian bus di tempat stop (bus stop) dijalan Jenderal Sudirman kota Palembang. Ruang lingkup penelitian hanya dijalan Jenderal Sudirman dari bundaran ampera sampai simpang charitas. Penelitian ini dilakukan pada hari kerja dan hari libur pada jam sibuk yaitu pada hari Rabu. 27 Juni 2007 dan hari Minggu, I Juli 2007 dari pukul 07.00 WIB - 10.00 WIB. Ruang lingkup penelitian dibatasi di di empat titik bus stop berdasarkan keinginan masyarakat yang didapat pada survey pertama yaitu pada tanggal 1 dan 4 April 2007. keempat titik tersebut adalah bus stop jembatan pusri, bus stop seberang Bank syariah Mandiri, bus stop depan Bank BNI/IP, dan bus stop Jembatan pusri. Setelah dilakukan pre survey lapangan didapat dua skenario penelitian yaitu skenario sistem antrian FIFO dan skenario Fraksi FIFO. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode survey langsung dan dianalisa dengan metode enter dibantu program SPSS. Paraeter yang diukur dalam penelitian ini adalah tingkat kedatangan (h) sebagai X( yang didapat dari selisih waktu kedatangang dua bus yang stop di tempat stop, tingkat pelayanan (p) sebagai X2 yang didapat dari seperwaktu pelayanan (selisih waktu berangkat dengan waktu datang), dan banyaknya kendaraan dalam sistem antrian (n) sebagai Y yang didapat dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus banyaknya kendaraan dalam sistem antrian. Setelah di analisis dengan bantuan program SPSS, didapat model antrian untuk skenario FIFO bus stop jembatan pusri arah bundaran ampera-simpang charitas di hari kerja yaitu: Y = 9.390 X, + 0,419 ,di hari libur :Y = 5,206 X| + 0,290 ; bus stop seberang Bank syariah mandiri arah bundaran ampera - simpang charitas pada hari kerja Y = 6.880 X, + 0,263 , pada hari libur Y = 9,288 X, + 0,327 ; bus stop depan Bank BNI/IP arah simpang charitas - bundaran ampera Y = 7,576 X, + 0,116 , pada hari libur Y = 8,397 X, + 0,079 ; bus stop jembatan pusri pada arah simpang charitas - bundaran ampera hari kerja Y —1,691 X| + 0,206, pada hari libur Y = 4,115 X| + 0,120. Untuk Skenario sistem antrian Fraksi FIFO yaitu bus stop jembatan pusri arah bundaran ammpera-simpang charitas pada hari kcrjaY - 6,833 X, 1 0,102 , pada hari libur Y = 6,928 X, + 0,308; Bus stop seberang Bank Syariah Mandiri arah bundaran ampera-simpang charitas pada hari kerjaY = 55.920 X, - 0.045, pada hari libur Y = 9.288 X, + 0,327 ; Bus stop depan Bank BNI/IP arah simpang charitas - bundaran ampera pada hari kerja Y = 7,005 X, 0,141, pada libur Y = 5.429 Xj + 0,255 ;Bus stop Jembatan Pusri arah simpang charitas – bundaran ampera pada hari kerjaY = 6,697 Xi + 0,120 dan pada hari libur Y = 6,118 Xt t 0,170
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0807000383 | T129018 | T1290182008 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available