Skripsi
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS NUMERASI MATERI BILANGAN BULAT UNTUK BLENDED LEARNING DI KELAS VII SMP
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis numerasi pada materi bilangan bulat untuk blended learning di kelas VII SMP yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap kemampuan numerasi peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Kevalidan bahan ajar dilihat dari aspek kelayakan isi, kelayakan bahasa, dan kelayakan tampilan yang dilakukan pada tahap validasi oleh para ahli serta komentar dan saran dari hasil uji coba skala kecil. Kepraktisan bahan ajar dilihat dari hasil perhitungan angket kepraktisan yang diberikan pada uji coba skala kecil, menengah, dan besar. Skor rata-rata kevalidan 88,33 dengan kategori valid dan skor rata-rata kepraktisan 85,02 dengan kategori sangat praktis. Bahan ajar yang dikembangkan memiliki efek potensial terhadap kemampuan numerasi dilihat dari hasil tes dengan 7 peserta didik terkategori tinggi, 20 peserta didik terkategori sedang, dan 3 peserta didik terkategori rendah. Skor rata-rata tes peserta didik adalah 62,64 dimana secara keseluruhan kemampuan numerasi peserta didik berada pada kategori sedang. Berdasarkan data dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan bahan ajar berbasis numerasi pada materi bilangan bulat untuk blended learning di kelas VII SMP dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307002366 | T95926 | T959262022 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available