Text
Peningkatan keterampilan siswa kelas IV pada operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penggunaan permainan alat peraga dadu di SD Negeri 128 Palembang
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan matematika siswa kelas IV pada operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penggunaan permainan alat peraga dadu SD Negeri 128 Palembang. Permainan dadu ialah permainan yang mengandung unsur-unsur pelajaran matematika. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVC yang berjumlah 34 orang siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Data keterampilan matematika siswa dikumpulkan melalui lembar observasi pada saat evaluasi setiap akhir siklus yang difokuskan pada kecepatan dan ketepatan. Berdasarkan hasil analisis data, keterampilan matematika siswa mengalami peningkatan, terbukti pada siklus I mengalami peningkatan dibanding siklus II yaitu dari 26 siswa (76,47%) mencapai kriteria terampil dalam peningkatan keterampilan menjadi 33 siswa (97,06%) dari 34 siswa yang didata. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui permainan dadu dapat meningkatkan keterampilan siswa pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IVC SD N 128 Palembang
No copy data
No other version available