Skripsi
HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 PRABUMULIH
Aktivitas yang dilakukan oleh individu setiap hari yang dilakukan dengan ketepatan waktu agar lebih terarah merupakan bagi diri untuk melatih kedisiplinan seseorang untuk bertindak disiplin. Kedisiplinan merupakan bentuk kontrolnya diri individu untuk patuh aturan yang berasal dari diri sendiri maupun kebiasaan yang dilakukan oleh lingkungan. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu adalah untuk mengetahui apakah ada Hubungan antara Kedisiplinan belajar dengan Prestasi Belajar mata pelajaran PPKn pada siswa di SMA Negeri 1 Prabumulih. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan ialah menggunakan metode korelasi dengan melalui pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah Kedisiplinan (X), dan Prestasi Belajar (Y) merupakan nilai ujian tengah semester pada mata pelajaran PPKn. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 639 siswa dengan jumlah sampel 99 siswa baik itu kelas X, XI, XII. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling Probability sampling tipe proportionate stratified random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi, observasi dan angket. Uji nilai korelasi pearson product moment. Hasil dari uji bagian pearson correlation memiliki hubungan signifikan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar dengan nilai korelasi persennya sebesar 0,501 dengan tafsiran korelasinya cukup kuat.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307004492 | T93431 | T934312023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available