Skripsi
PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP EFIKASI DIRI MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kreativitas belajar terhadap efikasi diri mahasiswa pada mata kuliah pengembangan media pembelajaran ekonomi Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Sriwijaya Tahun Akademik 2022 berjumlah 98 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis sampel jenuh yaitu menggunakan seluruh populasi 98 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan wawancara. Uji validitas instrumen angket menggunakan rumus Product Moment dan Reliablitas dengan menggunakan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data kreativitas belajar yang diperoleh dikategorikan baik dengan hasil persentase 81,04% dan efikasi diri dikategorikan baik dengan hasil persentase 83,63%. Analisis data menggunakan Uji-t menunjukkan bahwa t_hitung = 4,39 > t_tabel = 1,661 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh kreativitas belajar terhadap efikasi diri mahasiswa pada mata kuliah pengembangan media pembelajaran ekonomi Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya. Disarankan dapat meningkatkan kemampuan kreativitas belajar yang dimiliki setiap mahasiswa agar dapat lebih mampu untuk menemukan ide-ide dan mampu memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam situasi apapun, mampu mengambil keputusan, dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dalam belajar. Kata-kata Kunci: Kreativitas Belajar, Efikasi Diri
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307004243 | T104911 | T1049112023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available