Skripsi
PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAYARAMAN PADA MATERI KINEMATIKA PASCA PANDEMI COVID 19
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh pendekatan keterampilan proses sains terhadap hasil pembelajaran Kinematika di SMA Negeri 1 Payaraman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Payaraman, yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik purposive sampling, yakni kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kjelas kontrol. Kelas eksperimen pembelajaran Kinematuika menggunakan pendekatan keterampilan proses sains, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 2.24 dan ttabel = 1.99 yang berarti 2,24 ˃ 1,99. Sehingga disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pendekatan keterampilan proses sains terhadap hasil pembelajaran Kinematika di SMA Negeri 1 Payaraman. Kata kunci: keterampilan proses sains, hasil belajar, kinematika
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307000106 | T85473 | T854732022 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available