The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis implementasi pengembangan soft skill siswa dalam pembelajaran ekonomi di SMAN se-Kota Martapura

Text

Analisis implementasi pengembangan soft skill siswa dalam pembelajaran ekonomi di SMAN se-Kota Martapura

Herman Saputra - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pengembangan soft skills siswa dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri se-Kota Martapura. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptip kualitatif dengan populasi seluruh guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri se-Kota Martapura yang berjumlah lima orang guru, yakni SMA Negeri 1 Martapura sebanyak 2 orang guru, SMA Negeri 2 Martapura sebanyak 2 orang guru dan SMA Negeri 3 Martapura sebanyak 1 orang guru, dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa dalam melakukan perencanan guru membuat rancangan pengembangan soft skills siswa dengan mengintegrasikannya kedalam RPP, dan secara umum soft skills yang dikembangkan guru sama yaitu disiplin, jujur, tanggung jawab, peduli, berpikir kritis dan logis, mandiri, kerja keras, kreatif, mempunyai motivasi yang tinggi, bekerja sama, dan kemampuan berkomunikasi dengan baik. Dari hasil observasi diperoleh kesimpulah bahwa pada proses pelaksanaan pemgembangan soft skills siswa guru lebih cenderung melakukan penularan daripada penerapan pembelajaran hard skills besbasis soft skills. Dimana rata-rata persentase guru melakukan penularan sebesar 75% sedangkan rata-rata persentase guru menerapkan pembelajaran hard skills besbasis soft skills sebesar 70%. Dalam mengevaluasi soft skills siswa, guru lebih cenderung melakukan pengamatan daripada memberikan tes. Dimana persentase guru dalam melakukan pengamatan sebesar 100%, sedangkan persentase guru memberikan tes hanya sebesar 60%. Oleh karena itu untuk meningkatkan pengembangan soft skills siswa lebih baik lagi, diharapkan Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur hendaknya lebih sering mengadakan penataran, seminar, lokakarya dan sebagainya, terutama mengenai pengembangan soft skills.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
370. 115 07 Her a 2014
Publisher
Inderalaya : ., 2014
Collation
xi, 54 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
370. 115 07
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Pembelajaran ekonomi - soft skill
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search