Text
Analisis implementasi pengembangan soft skill siswa dalam pembelajaran ekonomi di SMAN se-Kota Martapura
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pengembangan soft skills siswa dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri se-Kota Martapura. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptip kualitatif dengan populasi seluruh guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri se-Kota Martapura yang berjumlah lima orang guru, yakni SMA Negeri 1 Martapura sebanyak 2 orang guru, SMA Negeri 2 Martapura sebanyak 2 orang guru dan SMA Negeri 3 Martapura sebanyak 1 orang guru, dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa dalam melakukan perencanan guru membuat rancangan pengembangan soft skills siswa dengan mengintegrasikannya kedalam RPP, dan secara umum soft skills yang dikembangkan guru sama yaitu disiplin, jujur, tanggung jawab, peduli, berpikir kritis dan logis, mandiri, kerja keras, kreatif, mempunyai motivasi yang tinggi, bekerja sama, dan kemampuan berkomunikasi dengan baik. Dari hasil observasi diperoleh kesimpulah bahwa pada proses pelaksanaan pemgembangan soft skills siswa guru lebih cenderung melakukan penularan daripada penerapan pembelajaran hard skills besbasis soft skills. Dimana rata-rata persentase guru melakukan penularan sebesar 75% sedangkan rata-rata persentase guru menerapkan pembelajaran hard skills besbasis soft skills sebesar 70%. Dalam mengevaluasi soft skills siswa, guru lebih cenderung melakukan pengamatan daripada memberikan tes. Dimana persentase guru dalam melakukan pengamatan sebesar 100%, sedangkan persentase guru memberikan tes hanya sebesar 60%. Oleh karena itu untuk meningkatkan pengembangan soft skills siswa lebih baik lagi, diharapkan Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur hendaknya lebih sering mengadakan penataran, seminar, lokakarya dan sebagainya, terutama mengenai pengembangan soft skills.
No copy data
No other version available