Skripsi
ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM MENGONSTRUKSI GRAFIK PADA POKOK BAHASAN TERMODINAMIKA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam mengonstruksi grafik pada pokok bahasan termodinamika di Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan untuk pengumpulan data menggunakan instrumen tes berbentuk essai. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Fisika semester 5 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya tahun akademik 2022/2023 yang berjumlah 47 orang. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa 37,9% mahasiswa cukup mampu dalam menjawab soal mengonstruksi grafik pada pokok bahasan termodinamika secara keseluruhan yang terletak pada skor 2, namun masih dikategorikan rendah. Sedangkan dilihat dari segi pokok termodinamika yang dijadikan objek penelitian, untuk kemampuan mahasiswa mengonstruksi grafik tekanan terhadap volume berada pada skor 3 dikategorikan rendah yaitu sebesar 31,21%, untuk kemampuan mahasiswa mengonstruksi grafik tekanan terhadap suhu berada pada skor 2 dikategorikan cukup yaitu sebesar 48,94%, dan untuk kemampuan mahasiswa mengonstruksi grafik volume terhadap suhu berada pada skor 2 dikategorikan rendah yaitu sebesar 40,96%. Dengan demikian, peneliti menyarankan bagi peneliti berikutnya agar dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya tingkat kemampuan mahasiswa dalam membuat grafik termodinamika. Sedangkan bagi pendidik, dapat membiasakan dalam memberi penjelasan materi-materi yang relevan dengan grafik serta melatih peserta didik untuk dapat mengonstruksi dan membaca grafik.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307001358 | T91851 | T918512023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available