Skripsi
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI FUNGSI LOGARITMA BERBASIS FILSAFAT UNTUK MELIHAT MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis filsafat yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial pada motivasi belajar siswa terhadap materi fungsi logaritma. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari dua tahapan yaitu tahap preliminary (tahap persiapan, analisis dan desain) dan tahap formative evaluation (self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field tes). Penelitian ini dilakukan di SMA Srijaya Negara dengan subjek penelitian siswa kelas X IPA. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu walkthrough, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pada tahap expert review dan one-to-one dihasilkan LKPD yang valid yang dilihat dari segi isi, konstruk, dan bahasa. Kepraktisan LKPD dapat dilihat dari tahap small group berdasarkan kemudahan siswa dalam menggunakan LKPD. Berdasarkan hasil angket, observasi dan dokumentasi pada tahap field test, LKPD yang telah dikembangkan memiliki efek potensial terhadap motivasi belajar peserta didik karena terbantu dengan langkah-langkah yang diberikan pada LKPD dalam memahami materi. Selain itu, pada LKPD memuat informasi yang dapat menambah pengetahuan mereka dari segi landasan filsafat (ontologi, epistemologi, dan aksiologi) yang termuat didalamnya. Kata Kunci : Filsafat, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Motivasi Belajar, Pengembangan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307001390 | T92881 | T928812023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available