Skripsi
KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendektan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini dilakukan di MTs. Negeri 01 OKU Selatan dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII.1 tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan soal tes materi bangun ruang sisi datar sebanyak 3 butir soal uraian yang digunakan untuk melihat kemampuan koneksi matematis siswa. Indikator kemampuan koneksi matematis yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Mengidentifikasi fakta, konsep, dan prinsip pada masalah; dan 2) Memahami dan menggunakan keterhubungan antartopik matematika untuk menyelesaikan masalah. Dari hasil jawaban siswa, didapatkan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII.1 MTs. Negeri 01 OKU Selatan yaitu pada soal nomor 1, sebanyak 5,56% siswa memunculkan indikator pertama, dan 25% siswa memunculkan indikator kedua. Kemudian pada soal nomor 2, sebanyak 11,11% siswa memunculkan indikator pertama, dan 16,67% siswa memunculkan indikator kedua. Selanjutnya pada soal ketiga, sebanyak 13,89% siswa memunculkan indikator kedua, dan 2,78% siswa memunculkan indikator kedua.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307005026 | T125452 | T1254522023 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available