Skripsi
PENDAMPINGAN YAYASAN LEMBAGA KONSUMEN INDONESIA (YLKI) DALAM SENGKETA GUGATAN GANTI RUGI KONSUMEN ATAS CACAT PRODUKSI MOBIL BMW.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sengketa gugatan ganti rugi konsumen yang diakibatkan oleh kualitas produksi mobil BMW yang tidak menjamin keamanan konsumen dan kurang intensifnya pengujian terhadap produk yang dihasilkan oleh produsen sehingga menimbulkan kerugian bagi konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bentuk bantuan serta mekanisme pandampingan yang dilakukan YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) dalam memberikan perlindungan hukum terhadap konsumen sengketa gugatan ganti rugi konsumen atas cacat produksi dalam hal ini kasus produk mobil BMW PT. Astra Internasional dan PT. BMW Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian normatif yang ditunjang dengan data wawancara (applied law research) yang kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif analisis dengan metode bahan kualitatif-interaktif. Hasil dari penelitian ini, terkait dengan pendampingan YLKI tidak mempunyai kewenangan untuk melakukan tindakan secara represif, dikarenakan YLKI merupakan NGO (Non-Governmental Organization). Rumusan Pasal 46 ayat (1) UUPK menjadikan dasar YLKI dalam menentukan Gugatan atas pelanggaran pelaku usaha. Cacat produksi pada mobil BMW MY2015 BMW X5 xDrive35i melanggar ketentuan Pasal 7 huruf d dan Pasal 8 ayat (1) huruf a UUPK. Pertanggungjawaban atas cacat produksi yang seharusnya dilakukan PT. Astra Internasional dan PT. BMW Indonesia terdapat dalam Pasal 45, Pasal 47, dan Pasal 62 UUPK.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307005989 | T128733 | T1287332023 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available