Skripsi
PENGEMBANGAN METODE MENDONGENG MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DI KELURAHAN TANJUNG RAJA OGAN ILIR
Agar mampu bermasyarakat dan berbudaya, anak-anak perlu mengembangkan kemampuan berbahasanya, baik bahasa ibu maupun Bahasa Indonesia. Permasalahan berbahasa dirasakan pada anak-anak di Kelurahan Tanjung Raja, yang masih kurang dalam mengekspresikan perasaan menggunakan kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat. Kemampuan berbahasa menggunakan Bahasa Indonesia juga masih sangat kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan metode mendongeng menggunakan video animasi yang dinilai dari layak dan praktisnya produk untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak-anak di Kelurahan Tanjung Raja Ogan Ilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Hasil pengembangan metode mendongeng menggunakan video animasi untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak di Kelurahan Tanjung Raja berdasarkan validasi ahli materi menunjukkan persentase tingkat kelayakan 87,5% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli media menunjukkan persentase kelayakan sebesar 77,5% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil validasi ahli bahasa mendapat skor sebesar 72,5% dengan kategori layak. Hasil uji coba one-to-one menunjukkan skor kepraktisan sebesar 88%, dan uji coba small group menunjukkan skor kepraktisan sebesar 92%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa video animasi dongeng “Ratu Semut dan Sesendok Gula” mampu dijadikan alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Kata kunci: Kemampuan berbahasa, pengembangan metode mendongeng, video animasi
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307003866 | T126210 | T1262102023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available