Skripsi
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI POLA BILANGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Kemampuan pemecahan masalah harus dimiliki oleh siswa untuk melatih mereka agar terbiasa mengelola permasalahan yang berbeda levelnya, baik permasalahan dalam matematika, maupun permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal non rutin pada materi pola bilangan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII.1 SMP Negeri 57 Palembang yang berjumlah 32 orang. Data yang dikumpulkan berupa soal tes dan wawancara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa soal tes yang berjumlah 2 butir soal essay non rutin materi pola bilangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang mengacu pada indikator kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari aspek memahami masalah, merancang penyelesaian, memecahkan masalah, dan mengevaluasi (memeriksa kembali). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis jawaban, indikator memecahkan masalah merupakan indikator dengan hasil terendah, terlihat siswa masih kurang dan belum mampu dalam menuliskan informasi apa yang diketahui dan apa yang ditanya.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307004993 | T125500 | T1255002023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available