Skripsi
KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DENGAN MODEL CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE)
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk melihat dan mendeskripsikan kemampuan bernalar kritis siswa SMP pada materi relasi dan fungsi dengan menggunakan model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.10 SMP Negeri 8 Palembang dengan fokus penelitian 5 orang siswa yang memiliki tingkat kemampuan akademik tinggi, sedang, dan rendah yang dipilih berdasarkan nilai harian pelajaran dan rekomendasri guru mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu (1) Persiapan; (2) Pelaksanaan; (3) Akhir (analisis data). Kegiatan diawal dengan proses pembelajaran menggunakan model CORE dimana siswa akan mengerjakan LKPD yang diberikan. Pada saat pembelajaran dilakukan observasi oleh observer untuk melihat karakteristik model CORE. Setelah pembelajaran, dilaksanakan tes tertulis dan wawancara untuk melihat kemampuan bernalar kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan bernalar kritis siswa pada materi relasi dan fungsi setelah dilakukan pembelajaran dengan model CORE dengan indikator yang paling banyak muncul adalah menginterpretasi dan menganalisis situasi. Sedangkan, indikator kemampuan bernalar kritis yang jarang muncul pada siswa adalah mengevaluasi, membuat kesimpulan, dan membuat penjelasan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307004442 | T87016 | T870162022 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available