Skripsi
PERHITUNGAN PERENCANAAN JEMBATAN AIR PANGI DENGAN STRUKTUR KOMPOSIT
Jembatan komposit terdiri dari lantai beton dan gelagar dari baja yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat bekerja sama dalam memikul beban. Syarat yang diperlukan agar bekeija sama antar beton dan baja adalah adanya penghubung geser (shear connector) antara kedua bagian itu. Jembatan komposit dibuat dari konstruksi balok baja dalam arah longitudinal dengan lantainya terbuat jdan beton bertulang. Aksi komposit teijadi apabila dua jenis material atau lebih tergabung secara struktural tetapi gabungan antara keduanya bukan merupakan kesatuan yang monolit. Dalam perhitungan konstruksi struktur Jembatan Air Pangi ini dipelajari bagaimana cara merencanakan dan mendesain struktur atas jembatan komposit dengan gelagar baja profil IWF. Rumus-rumus yang digunakan berdasarkan LRFD (Load Resistance Factor Design), SK-SNI, dan BMS (Bridge Management System). Perhitungan dilakukan adalah pembebanan, perhitungan momen dan gaya lintang, lebar efektif, sifat-sifat penampang komposit, tegangan dan lendutan, shear connector, serta perhitungan struktur bawah j embatan. Dari hasil perencanaan Jembatan Air Pangi yang baru dengan struktur komposit, digunakan gelagar baja profil 36 WF 300 dengan tegangan izin 2400 kg/cm2. Shear connector yang digunakan berdiameter 7/8 inci dengan tinggi 3,5 inci dan jumlah keseluruhan dalam 1 bentang yaitu 68 buah. Lendutan maksimum yang teijadi sebesar 6,865 cm, tetapi masih terkontrol dengan baik dari lendutan yang diijinkan yaitu sebesar 7,5 cm. Untuk struktur bawah jembatan digunakan abutment dan pilar beton bertulang serta pondasi tiang pancang beton pracetak berukuran 40 cm x 40 cm beijumlah 10 tiang dalam 1 kelompok tiang pancang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0607001542 | T129325 | T1293252006 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available