Skripsi
ANALISA BEBAN ULTIMIT STRUKTUR RANGKA ATAP SENTRIS DAN NON SENTRIS MENGGUNAKAN PROFIL BAJA RINGAN
Penggunaan konstruksi rangka atap baja ringan di Indonesia saat ini sudah semakin populer, akan tetapi penelitian tentang material ini relatif sedikit terutama di Indonesia. Baja ringan yang banyak beredaran dipasaran Indonesia terdiri dari campuran bahan Zinc (Zn) dan Aluminium (Al) yang memiliki beberapa kelemahan yaitu mudah terjadinya tekuk atau buckling, mudah terjadinya defleksi atau lendutan dan mudah terjadinya kegagalan pada sambungan. Maka penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh eksentrisitas pada struktur rangka atap yang menggunakan profil baja ringan lip channel dengan ukuran 75 x 32,8 x 7,95 dengan tebal 0,82 mm terhadap pembebanan. Penelitian ini menggunakan bantuan program SolidWorks dimana dengan menggunakan program ini akan dibuat dua model struktur sentris dan non sentris yang kemudian dibebani sehingga mendapatkan beban ultimit dari struktur rangka atap tersebut. Pembebanan dilakukan dengan menggunakan program SolidWorks dan beban diletakkan pada tiap joint batang-batang atas rangka atap. Penelitian dengan program komputer ini berupa failure test yang terjadi pada rangka atap dimana kegagalan ditentukan berdasarkan persyaratan yang diterbitkan oleh British Standard. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penurunan kekuatan antara struktur rangka atap dengan sambungan sentris dan struktur rangka atap dengan sambungan non sentris adalah sebesar 15% dimana struktur rangka atap dengan sambungan non sentris lebih lemah dibanding dengan struktur rangka dengan sambungan sentris.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1307002119 | T122927 | T1229272013 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available