Skripsi
ANALISA TEBAL DAN PERPANJANGAN LANDASAN PACU PADA BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN MAHMUD BADARUDDIN II
Di Sumatera Selatan, khususnya kota Palembang, jumlah pengguna transportasi udara meningkat tiap tahunnya, maka harus ditingkatkan prasarana lapangan terbang, salah satunya perluasan dan perpanjangan areal pendaratan dan lepas landas pesawat terbang atau disebut landasan pacu. Penelitian ini memuat tentang "Analisa Tebal dan Perpanjangan Landasan Pacu pada Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II” agar kemampuan dari landasan pacu tersebut dapat melayani jenis pesawat maksimum rencana, yaitu Airbus 320. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, panjang Runway 11 terkoreksi sebesar 3828 m dan panjang Runway 29 terkoreksi sebesar 3822 m. Dari hasil analisa yang telah dilakukan, tebal perkerasan dengan grafis menggunakan metode FAA didapat tebal lapisan surface sebesar 12,7 cm, tebal lapisan base sebesar 12,7 cm, dan tebal lapisan subbase sebesar 58,42 cm. Sedangkan tebal perkerasan dengan analitis menggunakan metode CBR didapat tebal lapisan surface atau aspal sebesar 10 cm, tebal lapisan base atau crush stone base sebesar 21 cm, dan tebal lapisan subbase sirtu sebesar 53 cm. Pada analisa jumlah pergerakan pesawat, didapatkan jumlah pergerakan pesawat per tahun pada tahun 2017 sebesar 34022. Sedangkan jumlah pergerakan pesawat per bulan pada tahun 2017 yaitu pada Bulan Januari sebesar 2758, pada Bulan Februari sebesar 2774, pada Bulan Maret sebesar 2789, pada Bulan April sebesar 2804, pada Bulan Mei sebesar 2819, pada Bulan Juni sebesar 2835, pada Bulan Juli sebesar 2850, pada Bulan Agustus sebesar 2865, pada Bulan September sebesar 2881, pada Bulan Oktober sebesar 2896, pada Bulan November sebesar 2911, dan pada Bulan Desember sebesar 2927.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1407000289 | T129671 | T1296712013 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available