Skripsi
KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPAL DENGAN LIMBAH KARET BAN LUAR 5% DAN 10% SERTA FLY ASH 5% SEBAGAI BAHAN ALTERNATIF PERKERASAN JALAN
Berkembangnya suatu daerah tak luput dari pentingnya peranan jalan sebagai transportasi lalulintas, sehingga kita perlu mengkaji dan meneliti untuk ketahanan perkeraan jalan aspal agar dapat menahan beban lalu lintas. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas perkerasan jalan aspal adalah dari absorbsi aspal terhadap campurannya, kadar aspal yang efektif, gradasi agregat, rongga udara dalam campuran (VIM) dan rongga antar butir agregat (VMA). Hasil yang didapat dari pengujian campuran agregat karet ban luar 5% sebagai pengganti sebagian dtusl dan 10% serta fl'y ash 5% dengan aspal melalui Marshall Test menunjukkan campuran secara umum belum memenuhi spesifikasi lapisan Asphalt Treated Base, namun parameter Marshall mengalami kenaikan yaitu pada nilai stabilitas, flow dan VFA. Nilai Marshall Quotient, VIM, VMA dan berat isi mengalami penurunan. Pada campuran agregat karet ban luar 5% dan fly ash 5% dengan aspal stabilitas yang didapat adalah 1838,80 kg, sedangkan pada campuran agregat karet ban luar 10% dan fly ash 5% dengan aspal mengalami penurunan yaitu 1747.63 kg. Tetapi penurunannya tidak melebihi nilai campuran normal yaitu 1690,66 kg. Pada pengujian Cantabro Scattering Loss, nilai abrasi yang didapat pada campuran aspal dengan agregat karet ban luar 5% dan 10% serta fly ash 5% lebih rendah dibanding aspal normal. Hasil Cantabro Scattering Loss yang paling kecil adalah pada campuran aspal dengan agregat karet ban luar 10% dan fly ash 5% yaitu pada kadar aspal 6,5 % yaitu 0,734 %. Sedangkan untuk campuran aspal dengan agregat normal nilai abrasi yang terkecil adalah 0,535%. Dari pengujian ini nilai Cantabro aspal dan agregat karet ban luar dan fly ash lebih baik dibanding aspal normal karena semakin kecil nilai abrasi maka semakin tinggi daya tahan campuran. Selain itu penggunaan campuran aspal dan agregat karet ban luar dan fly ash dapat menghemat penggunaan aspal karena pada kadar aspal yang sama , campuran aspal dengan agregat karet ban luar dan fly ash memiliki nilai abrasi yang lebih rendah. pengujian Marshall dan Cantabro menunjukkan bahwa’ dengan penambahan serbuk karet ban luar bekas 5% dan 10% sebagai pengganti sebagian dust serta fly ash 5% dapat meningkatkan stabilitas dan meminimalkan abrasi dari perkerasan jalan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0607001258 | T127831 | T1278312006 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available