Skripsi
PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOPOLI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 11 INDRALAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan monopoli pada pembelajaran matematika materi operasi hitung pecahan kelas V SD Negeri 11 Indralaya dan juga bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan respon peserta didik terhadap kemenarikan media. Jenis penelitian yang digunakan adalah Reseach and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE sampai tahap development. Peneliti melakukan validasi kepada ahli media, ahli materi dan praktisi pembelajaran (guru kelas V) serta dilakukannya uji coba terhadap 26 peserta didik kelas V. Hasil penilaian validasi dari ahli media diperoleh persentase 92,8%, ahli materi diperoleh persentase 92,8%, praktisi pembelajaran diperoleh persentase 94,05% dan rekapitulasi dari ketiga ahli tersebut diperoleh persentase 93,45% yang dikategorikan sangat valid. Uji coba lapangan, pada uji coba kelompok kecil terdiri dari 6 peserta didik memperoleh nilai 86,25% dan uji coba kelompok besar terdiri dari 20 peserta didik memperoleh nilai 85,375% maka tingkat kemenarikan media permainan monopoli masuk pada kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa media permainan monopoli layak dan sangat menarik untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307000352 | T87525 | T875252022 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available