The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH REGULASI DIRI DALAM BELAJAR TERHADAP ADIKSI MEDIA SOSIAL PADA SISWA SMA NEGERI 4 PALEMBANG

Skripsi

PENGARUH REGULASI DIRI DALAM BELAJAR TERHADAP ADIKSI MEDIA SOSIAL PADA SISWA SMA NEGERI 4 PALEMBANG

Ayu, Nadya Sekar - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh regulasi diri dalam belajar terhadap adiksi media sosial pada siswa SMA Negeri 4 Palembang. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas XI SMA Negeri 4 Palembang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu 67 responden dari 335 siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palembang yang dipilih dengan teknik random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan skala psikologis dengan menggunakan skala likert yang terdiri dari skala psikologis regulasi diri dalam belajar sejumlah 29 item pertanyaan dan skala psikologis adiksi media sosial sejumlah 22 item pertanyaan yang disebarkan secara langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa regulasi diri dalam belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palembang menunjukan dominan berada di kategori sedang dengan persentase 66% dan adiksi media sosial pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palembang dapat dilihat bahwa siswa dominan berada pada kategori sedang dengan persentase 73%. Dari hasil penelitian dan pembahasan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa setelah melakukan analisis regresi linear sederhana dapat diketahui bahwa nilai f hitung 70.571 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0.05 maka dapat diartikan bahwa model regresi yang dipakai untuk memprediksi variabel X, dengan kata lain ada pengaruh regulasi diri dalam belajar (X) terhadap adiksi media sosial (Y). dan setelah melakukan uji koefisien determinasi didapatkan hasil bahwa nilai R atau nilai korelasinya adalah 0,721 dan dari tabel tersebut juga diperoleh nilai koefisien determinasi (R Square) yaitu sebesar 0,521 atau 52,1% ini dapat diartikan bahwa pengaruh regulasi diri dalam belajar (X) terhadap adiksi media sosial (Y) adalah sebesar 52,1 % dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Regulasi Diri Dalam Belajar. Adiksi Media Sosial This quantitative research aims to determine whether there is an effect of self�regulation in learning on social media addiction in SMA Negeri 4 Palembang students. The population in this study was class XI SMA Negeri 4 Palembang and the samples in this study were 67 respondents from 335 students of class XI SMA Negeri 4 Palembang who were selected by random sampling technique. The data collection tool used is a psychological scale using a Likert scale which consists of a psychological scale of self-regulation in learning with a total of 29 question items and a psychological scale of social media addiction with a total of 22 question items which are distributed directly. The results of this study indicate that self-regulation in learning in class XI students of SMA Negeri 4 Palembang shows that the dominance is in the medium category with a percentage of 66% and social media addiction in class XI students of SMA Negeri 4 Palembang can be seen that the dominant students are in the medium category with percentage 73%. From the results of the research and discussion of the research, it can be concluded that after carrying out a simple linear regression analysis, it can be seen that the calculated f value is 70,571 with a significant level of 0.000


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2307000195T85591T855912023Central Library (Referens)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T855912023
Publisher
Inderalaya : Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya., 2023
Collation
xv, 74 hlm.; ilus.; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
612.014 07
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Regulasi Diri
Prodi Bimbingan dan Konseling
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
KHARISMA
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • PENGARUH REGULASI DIRI DALAM BELAJAR TERHADAP ADIKSI MEDIA SOSIAL PADA SISWA SMA NEGERI 4 PALEMBANG
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search