Skripsi
PERAN ORANGTUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK DI DESA BUMIREJO KECAMATAN SELAT PENUGUAN KABUPATEN BANYUASIN
Pendidikan adalah proses mendidik serta menuntun untuk mencapai tujuan tertentu dalam bentuk perubahan yang positif dari diri seseorang. Pendidikan itu sendiri pertama kali dimulai dari keluarga yaitu ayah, ibu dan anggota keluarga lainnya lalu kemudian barulah pendidikan didapat dari lingkungan masyarakat hingga lingkungan sekolah. Keluarga memilki peran penting dalam proses pendidikan, karena dalam keluarga anak pertama kali mendapatkan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran orangtua dalam memotivasi belajar anak di Desa Bumirejo Kecamatan Selat Penuguan Kabupaten Banyuasin. Subjek dari penelitian ini adalah orangtua yang berjumlah 6 responden dan memiliki anak yang sedang menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan cara mengumpul data melalui wawancara yang dilakukan secara langsung kepada 6 responden dari desa Bumirejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa kesadaran orangtua untuk memberikan motivasi belajar kepada anaknya sudah terpenuhi meskipun hanya sebatas memberikan perhatian dan pembiayaan saja. Orangtua anak di Desa Bumirejo lebih cenderung menyatakan bahwa kebutuhan finansial lebih penting untuk pendidikan lebih lanjut, hal ini dikarenakan kondisi keluarga dan pengetahuan orangtua yang kurang memahami akan pentingnya memotivasi belajar anak, dan orangtua juga memiliki pola pikir yang berbeda sehingga mereka berasumsi bahwa anaknya memang sudah dewasa dan mandiri sepenuhnya sehingga tidak memerlukan bimbingan atau pengawasan dari orangtua. Kata Kunci: Belajar, Motivasi, Orangtua
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307005011 | T125986 | T1259862023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available