Text
Meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa SMK melalui bimbingan kelompok berbasis diskusi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Palembang
Penelitian ini berjudul Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa SMK Melalui Bimbingan Kelompok Berbasis Diskusi Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Palembang. Masalah yang dijawab dalam penelitian ini adalah apakah kegiatan bimbingan kelompok dengan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perencanaan karir siswa melalui bimbingan kelompok dengan metode diskusi. Adapun metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK), dengan melakukan dua siklus tindakan dan subjek penelitian berjumlah 10 orang. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskritif kuantitatif, untuk mengetahui tingkat kemampuan perencanaan karir siswa dengan menggunakan rentangan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa kegiatan bimbingan kelompok dengan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa. Skor sebelum tindakan 5 orang dalam kategori rendah, siklus pertama dilihat dari skor dari 10 orang siswa mengalami peningkatan dalam kategori tinggi. Pada siklus kedua, ternyata tingkat kapabilitas dari 10 orang siswa semakin meningkat dalam kategori tinggi dengan skor hampir mencapai titik maksimum. Dengan demikian, kegiatan bimbingan kelompok dengan metode diskusi yang di dalamnya diberikan penjelasan dan pemahaman yang digunakan untuk meningkatkan perencanaan karir siswa.
No copy data
No other version available