Text
Hubungan antara keterampilan sosial dan penerimaan sosial pada anak yang memiliki kemampuan akademik tinggi dan rendah di kelas V SD IT Menara Fitrah
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara keterampilan sosial dan penerimaan sosial dengan menggunakan korelasi spearman rank. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD IT Menara Fitrah Indralaya yang berjumlah 22 siswa, yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Korelasi yang terdiri dari 2 Variabel utama yaitu keterampilan sosial penerimaan sosial Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner dan sosiometri. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan adanya korelasi antara keterampilan sosial dan penerimaan sosial sebesar 0,756, terdapat korelasi antara keterampilan sosial dan kemampuan akademik, tetapi tidak terdapat korelasi antara penerimaan sosial dan kemampuan akademik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa apabila seorang anak memiliki keterampilan sosial yang baik, maka ia akan memiliki penerimaan sosial yang baik pula.
Kata kunci: Keterampilan sosial, Penerimaan Sosial, Kemampuan Akademik.
No copy data
No other version available