Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI PROJECT BASED LEARNING PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ANNISA INDRALAYA UTARA
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan bahasa ekspresif pada anak usia 5-6 tahun yang masih rendah, yaitu kurangnya kemampuan belum terampil mengungkapkan pikiran atau perasaannya dalam bentuk perkataan. Hal ini terlihat dari komunikasi yang mereka gunakan sehari-hari di sekolah. Terkadang ada anak yang tidak mau berbicara jika ada pertanyaan dari guru dalam kegiatan lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui project based learning pada anak kelompok B di TK Annisa Indralaya Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 20 anak yang terdiri atas 6 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Objek yang diteliti adalah kemampuan bahasa ekspresif anak melalui project based learning. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan project based learning dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari kondisi awal kemampuan bahasa ekspresif anak kelompok B berada pada kategori berkembang sangat baik sebelum tindakan 0% meningkat menjadi 40% pada tindakan siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Kata kunci : bahasa ekspresif, project based learning, anak kelompok B
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307004923 | T125552 | T1255522023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available