Skripsi
PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA
Telah berhasil dikembangkan e-modul berbasis STEM pada materi pemanasan global untuk peserta didik kelas X SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap: tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Tahap Evaluasi dalam penelitian ini menggunakan tahap evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari tahap: self evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough dan angket. Tingkat kevalidan e-modul ini dinilai oleh tiga ahli, yakni satu ahli dalam aspek materi, satu ahli dalam aspek desain dan bahasa serta satu ahli dalam aspek desain pembelajaran. Hasil uji validasi ahli e-modul pada tahap expert review didapat data aspek materi sebesar 95% dengan kategori sangat valid, aspek desain dan bahasa sebesar 98,93% dengan kategori sangat valid, dan aspek desain pembelajaran sebesar 96,67% dengan kategori sangat valid. Sedangkan pada tahap one to one evaluation diperoleh penilaian rata-rata sebesar 90,84% dengan kategori sangat praktis. Pada tahap uji coba small group evaluation diperoleh hasil penilaian rata-rata sebesar 92,06% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, berdasarkan hasil data penelitian didapatkan bahwa e-modul berbasis STEM pada materi pemanasan global untuk peserta didik kelas X SMA telah valid dan praktis. Kata kunci: E-Modul, STEM, pemanasan global
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307004129 | T95405 | T954052023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available