Skripsi
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PEMODELAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN KONTEKS AIR BERSIH
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD pemodelan matematika konteks air bersih yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap persepsi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Evaluasi dilakukan dengan menggunakan metode evaluasi formatif Tessmer. Teknik pengumpulan data terdiri dari walkthrough, wawancara, observasi, dan angket. Subjek penelitian ini adalah 27 orang peserta didik kelas VIII di SMPN 49 Palembang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki karateristik valid berdasarkan tahap one to one dan penilaian validator pada tahap expert review, praktis terlihat dari hasil ujicoba small group, serta efek potensial terlihat dari hasil angket peserta didik yang diberikan setelah uji coba field test menggunakan LKPD yang telah dikembangkan. Persentase rata-rata kevalidan LKDP sebesar 85,26% (sangat valid). Informasi efek potensial yang diperoleh adalah sebagai berikut: kategori sangat baik 29,63%, kategori baik 59,26 %, dan kategori cukup 11,11%. Berdasarkan hasil yang didapatkan dapat diketahui bahwa penggunaan LKPD pemodelan matematika menggunakan konteks air bersih memberikan efek potensial yang baik terhadap persepsi matematis peserta didik. Kata kunci: Lembar kerja peserta didik, pemodelan matematika, persepsi matematika, konteks air bersih
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307003227 | T106964 | T1069642023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available