Skripsi
PENGARUH ALAT PERMAINAN PENGUKURAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK USIA (3-4) TAHUN DI RUMAH BELAJAR CERIA PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh dari alat permainan pengukuran terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental design dengan rancangan the one-shot case study yang dilakukan pada anak usia (3-4) tahun di Rumah Belajar Ceria Palembang dengan jumlah sampel 12 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Indikator penilaian terdiri dari 8 indikator dengan lingkup kemampuan pemecahan masalah pada anak usia (3-4) tahun yang terdiri dari memahami perbedaan antara dua hal dari jenis yang sama serta mampu menyebutkan berbagai macam kegunaan dari benda. Indikator tersebut telah disesuaikan dengan alat yang diujikan dan telah dinyatakan valid. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan statistik inferensial. Uji normalitas dilakukan menggunakan Uji Shapiro wilk dan Uji homogenitas dilakukan menggunakan Uji Hartley. Sehingga setelah dilakukan analisa data, diperoleh bahwa pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil uji One Sample T-test terdapat nilai signifikan sebesar 0,357. Sesuai dengan kriteria jika nilai signifikan > 0,05 berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa Alat Permainan Pengukuran dapat memberikan Pengaruh terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah anak usia (3-4) tahun di Rumah Belajar Ceria kota Palembang. Kata Kunci: alat permainan pengukuran, pemecahan masalah, anak usia dini
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307001185 | T90567 | T905672023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available