Skripsi
KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SPLDV
Kemampuan representasi merupakan kemampuan siswa dalam menyatakan ide matematika yang didalamnya tertuang gambar, tabel, diagram, persamaan matematika, kata-kata dan lain sebagainya. Namun faktanya, terdapat permasalahan mengenai kemampuan representasi matematis siswa terutama di SMPN 6 Indralaya utara yaitu siswa tidak mampu menerjemahkan informasi menjadi kalimat matematika, tidak mampu menjawab permasalahan menggunakan kata-kata dan tidak dapat menjawab permasalahan dengan menggambarkan grafik di koordinat kartesius. Penerapan model PBL dapat dijadikan solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mendeskripsikan kemampuan representasi siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) setelah diterapkannya model Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif sesuai dengan indikator representasi matematis. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 6 Indralaya Utara di kelas VIII 1 dengan melibatkan sebanyak 28 orang siswa sebagai subjeknya. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes berupa soal uraian dan hasil wawancara dengan siswa. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel setelah diterapkannya model PBL berada di kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 51,12 dan skor rata-rata untuk indikator representasi simbolik yaitu sebesar 75, representasi visual 48,21 dan verbal 33,04.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307000916 | T87300 | T873002022 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available