The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SPLDV

Skripsi

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SPLDV

Amanda, Vania Bertha - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Kemampuan representasi merupakan kemampuan siswa dalam menyatakan ide matematika yang didalamnya tertuang gambar, tabel, diagram, persamaan matematika, kata-kata dan lain sebagainya. Namun faktanya, terdapat permasalahan mengenai kemampuan representasi matematis siswa terutama di SMPN 6 Indralaya utara yaitu siswa tidak mampu menerjemahkan informasi menjadi kalimat matematika, tidak mampu menjawab permasalahan menggunakan kata-kata dan tidak dapat menjawab permasalahan dengan menggambarkan grafik di koordinat kartesius. Penerapan model PBL dapat dijadikan solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mendeskripsikan kemampuan representasi siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) setelah diterapkannya model Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif sesuai dengan indikator representasi matematis. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 6 Indralaya Utara di kelas VIII 1 dengan melibatkan sebanyak 28 orang siswa sebagai subjeknya. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes berupa soal uraian dan hasil wawancara dengan siswa. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel setelah diterapkannya model PBL berada di kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 51,12 dan skor rata-rata untuk indikator representasi simbolik yaitu sebesar 75, representasi visual 48,21 dan verbal 33,04.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2307000916T87300T873002022Central Library (Referens)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T873002022
Publisher
Indralaya : Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya., 2022
Collation
xiv, 154 hlm.; Ilus.; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
510.07
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Pembelajaran Matematika
Prodi Pendidikan Matematika
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
PITRIA
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SPLDV
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search