Skripsi
PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM KOMEDI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Think Talk Write dengan menggunakan media film komedi terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Palembang. Jenis metode pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian The randomized pretest-posttest only control group. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yakni sebagai kelas kontrol kelas X.2 dengan jumlah 36 siswa yang kegiatan belajarnya menggunakan model konvensional model discovery learning dengan media power point dan kelas eksperimen kelas X.1 dengan jumlah 36 siswa diberikan perlakuan dengan model think talk write dengan menggunakan media film komedi. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes awal untuk mengukur kemampuan awal siswa dan tes akhir diberikan perlakuan dengan menggunakan model think talk write dengan menggunakan media film komedi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini diperoleh perbedaan rerata antara kedua kelas yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rerata tes awal pada kelas kontrol adalah 57, 94 dan memperoleh peningkatan menjadi 74,39 pada hasil tes akhir sedangkan rerata untuk kelas eksperimen adalah 64,94 mengalami peningkatan 86,17 pada tes akhir. Hal tesebut menunjukkan bahwa ada peningkatan rerata pada kelas eksperimen lebih besar daripada rerata kelas kontrol. Hasil analisis data diperoleh hasil signifikasi dua sisi yakni 0,000 < 0,005 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, maka diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh model Think Talk Write dengan menggunakan media film komedi terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Palembang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307003690 | T104056 | T1040562023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available