Text
Peningkatan keterampilan siswa pada operasi hitung bilangan bulat melalui pendekatan permainan di kelas IV SD Negeri 149 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan keterampilan dan hasil belajar siswa pada operasi hitung penjumlahan bilangan bulat melalui pendekatan permainan di kelas IV SD Negeri 149 Palembang. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus, masingmasing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas IVB SD Negeri 149 Palembang yang berjumlah 50 siswa. Permainan papan bilangan adalah salah satu permainan matematika yang melatih keterampilan anak dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat. Metode tindakan kelas adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa melalui pendekatan permainan dapat meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa pada operasi hitung penjumlahan bilangan bulat. Berdasarkan hasil tes awal (prasiklus), persentase keberhasilan hasil belajar mencapai 22% dan dikategorikan sangat kurang. Pada siklus I setelah peneliti menggunakan pendekatan permainan diperoleh nilai rata-rata keterampilan 2,6 dan dikategorikan terampil, sedangkan persentase keberhasilan hasil belajar mencapai 66% dan dikategorikan cukup. Kemudian peneliti melanjutkan ke siklus II, diperoleh nilai rata-rata keterampilan meningkat menjadi 3,1 dan dikategorikan sangat terampil, persentase keberhasilan hasil belajar pun meningkat menjadi 92% dan dikategorikan sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa melalui pendekatan permainan dapat meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan operasi hitung penjumlahan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 149 Palembang.
No copy data
No other version available