Skripsi
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa SMA Srijaya Negara kelas XI terhadap konsep suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunakaan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI Ipa 1, XI Ipa 2, dan XI Ipa 3 di SMA Srijaya Negara Palembang. Penelitian ini berupa instrumen soal tentang materi suhu dan kalor yang mana soal tersebut dibuat sesuai indikator dari kemampuan berpikir kritis, instrumen soal dibuat untuk meningkatkan kegiatan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Skor data kemampuan berpikir kritis yang telah diperoleh di kelas XI IPA 1 dengan skor tertinggi yaitu pada membuat dan menetukan nilai pertimbangan dengan skor 58,33% dan skor terendah ada 3 yaitu menganalisis argumen, melakukan dan mempertimbangkan hasil deduksi, dan mendefinisikan serta mempertimbangkan suatu definisi yang mana masing-masing memperoleh skor 13,89%. Skor data kemampuan berpikir kritis yang telah diperoleh di kelas XI IPA 2 dengan skor tertinggi ada 2 yaitu Membuat dan menentukan nilai pertimbangan dan Mengidentifikasi asumsi-asumsi yang mana masing-masing memperoleh skor 70,58% dan skor terendah ada 3 yaitu menganalisis argumen, melakukan dan mempertimbangkan hasil deduksi, dan mendefinisikan serta mempertimbangkan suatu definisi yang mana masing-masing memperoleh skor 11,76%. Skor data kemampuan berpikir kritis yang telah diperoleh di kelas XI IPA 3 dengan skor tertinggi yaitu memfokuskan pertanyaan dengan skor 77,41% dan skor terendah Mempertimbangkan kredibilitas sumber dengan skor 3,22%. Kemampuan berpikir kritis siswa SMA Srijaya Negara Palembang jika ditinjau dari konsep suhu dan kalor menunjukan kategori rendah. Perlu adanya upaya perbaikan siswa dalam menghadapi soal tentang berpikir kritis dan tidak hanya di materi suhu dan kalor saja tetapi di seluruh materi fisika.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307003785 | T126835 | T1268352023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available